Detail Berita


Benarkah Gempa Bumi Dapat Meningkatkan Deposit Emas dalam Waktu Singkat?


"Gold Vein"
Sumber gambar: pinterest.com


Tanggal terbit: 24-06-2020

duniatambang.co.id – Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa urat-urat emas terbentuk oleh endapan mineral dari cairan panas yang mengalir melalui fracture (rekahan) di dalam kerak bumi. Namun beberapa waktu terakhir terdapat kabar bahwa endapan emas dapat terbentuk dalam waktu yang singkat ketika terjadi gempa bumi. Hal tersebut adalah benar dan dibuktikan melalui penelitian oleh seorang ilmuwan terbentuk dalam waktu instan.

Menurut Weatherley dan Henley (2013), emas dapat terbentuk secara instan ketika gempa. Hal tersebut terjadi karena gempa bumi megakibatkan suatu jog fault terbuka lebih lebar secara tiba-tiba dan menyebabkan air di dalam rekahan langsung menguap. Air yang menguap dalam sekejap memaksa mineral yang terkandung di dalamnya mengkristal secara cepat. Seperti silika yang menjadi mineral kuarsa, dan emas akan melekat pada permukaan terdekat. Ini seperti membuka tutup panci yang bertekanan.

Sebagai contoh, gempa berkekuatan magnitudo 4 pada kedalaman 11 kilometer akan menyebabkan tekan dalam jog fault tiba-tiba turun dari 290 megapascal (Mpa) menjadi 0,2 Mpa. Sebagai perbandigan, tekanan udara di permukaan laut adalah 0,1 Mpa). Jadi terdapat pengurangan tekanan hingga 1000 kali lipat (Weatherley dan Henley, 2013).

Jog fault merupakan sesar atau patahan yang tersusun dari kumpulan-kumpulan fracture. Rekahan tersebut akan saling terkoneksi dan membentuk sebuah ruang persegi panjang ketika gempa terjadi. Air merupakan media yang mengisi ruang fracture dan jog fault tersebut. Sekitar 6 mil (10 kilometer) di bawah permukaan, pada suhu dan tekanan yang tinggi, air membawa konsentrasi tinggi karbon dioksida, silika, dan unsur-unsur ekonomis seperti emas.

Walau terbentuk secara instan, jumlah emas yang tertinggal setelah gempa bumi menurut Weatherley sangatlah kecil. Karena cairan bawah tanah membawa paling banyak hanya satu bagian dari beberapa juta elemen berharga. Zona gempa seperti Sesar Alpine Selandia Baru merupakan salah satu yang tercepat di dunia. Daerah tersebut dapat membangun deposit yang bisa ditambang hanya dalam waktu 100.000 tahun.

 

Penulis : Shofy Nur Fajri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !