Detail Berita


Dukung Pendanaan Pasar Modal Pertambangan, BEI Bersama IAGI dan Perhapi Perpanjang Kerjasama


"Ilustrasi pergerakan saham"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 23-06-2020

JAKARTA, duniatambang.co.id – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memperpanjang perjanjian kerjasama dengan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) dan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi).

Perjanjian kerjasama tersebut disepakati oleh Direktur Utama BEI Inamo, Ketua Umum IAGI Sukmandaru, dan Ketua Umum Perhapi Rizal Kasli pada 19 Juni 2020 untuk jangka waktu lima tahun mendatang.

Kerjasama antara BEI, IAGI, dan PERHAPI ini sudah terjalin sejak 2014 guna mendukung pendanaan pada pasar modal untuk industri pertambangan. BEI telah menerbitkan Peraturan Bursa No. 1.A – Tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan di Bidang Pertambangan Mineral dan Batubara pada 20 Oktober 2014.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna menyatakan perjanjian kerjasama ini dilakukan untuk mendukung pendanaan industri pertambangan melalui pasar modal Indonesia.

Kerjasama ini menguntungkan ketiga pihak.  Perusahaan-perusahaan pertambangan dapat memanfaatkan pendanaan di Pasar Modal Indonesia. Sementara dari pihak BEI akan mendapatkan dukungan dari ahli pertambangan untuk menjaga kualitas dan tata kelola perusahaan. Selain itu, investor juga akan mendapatkan alternatif investasi yang beragam pada industri pertambangan.

Adanya perpanjangan kerjasama ini akan memberikan dampak positif pada perekonomian dan meningkatkan kepercayaan investor di  Pasar Modal Indonesia.

Kerjasama ini juga diharapkan dapat menarik minat perusahaan-perusahan pertambangan untuk mencatatkan saham di Pasar Modal Indonesia. Bila dibandingkan dengan sektor lain yang melantai di BEI, sektor pertambangan merupakan sektor kedua terbesar yang berhasil menghimpun dana dan hasil penawaran umum perdana saham.

Sebagai informasi, IAGI dan PERHAPI adalah asosiasi profesi independen dan profesional yang menaungi ahli-ahli geologi dan ahli pertambangan di Indonesia yang berperan dalam mendukung dan menjaga kualitas perusahaan pertambangan di Indonesia.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor   : Ocky PR.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !