Detail Berita


Mengenal Geologi Daerah Martapura, Kota Penghasil Berlian di Indonesia


"Kemilau Kota Martapura Kalimantan Selatan"
Sumber gambar: getborneo.com


Tanggal terbit: 22-06-2020

duniatambang.co.id - Martapura sebagai salah satu kota di Kalimantan Selatan menjadi geger setelah sekitar tahun 1960  ditemukan sebuah berlian seberat 166,75 karat yang dipimpin  langsung oleh H.Madslam  dan 24 pendulang lainnya. Selanjutnya, Presiden Soekarno memberi nama  berlian itu dengan nama intan trisakti. Berlian yang ditemukan di pendulangan  Intan Sungai Tiung, Kecamatan cempaka,  Kabupaten Banjar, Kalimantan selatan  itu ditaksir memiliki harga senilai 10 triliun rupiah.

Berbicara tentang berlian, erat kaitannya dengan kimberlit, yaitu batuan vulkanik yang mengandung kalium. Batuan ini dikategorikan sebagai batuan vulkanik  potasik. Kimberlit sendiri diberi nama dari Kimberly, yaitu salah  satu daerah pertama penghasil berlian di Afrika Selatan dan sampai sekarang menjadi tambang berlian terbesar di Dunia.

Secara genesis berlian dapat berasosiasi dengan batuan ini sebagai akibat dari pembentukan yang berada di mantel bumi bagian dalam (150 km sampai 450 km), sehingga tejadi erupsi dalam yang berulang dan terus-menerus, kadang diselingi dengan kehadiran karbon dioksida dan material volatile lainnya. Beberapa faktor inilah dan juga didukung tingkat peleburan dari kedalaman membuat kimberlit  sangat potensial untuk mengandung xenochrist berlian.

...

Cek lebih lanjut, silahkan Login/Daftar dahulu.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !