Loading...
image

"Ilustrasi uang koin"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 22 June 2020 / 0 Komentar

MIND ID Divestasi 

Setelah Tertunda Cukup Lama, MIND ID Berhasil Divestasi 20 Persen Saham Vale

duniatambang.co.id - Divestasi 20% saham PT Vale Indonesia Tbk (PTVI) oleh holding perusahaam BUMN Pertambangan yaitu Mining Industry Indonesia (MIND ID) telah menemui titik akhir. Sebelumnya, Vale dan MIND ID tercatat beberapa kali harus menunda penyelesaian divestasi saham tersebut terkait dengan penandatanganan sejumlah perjanjian definitif meliputi Conditional Share Purchase Agreement (CSPA), Shareholder Agreement dan Offtaker Agreement.

Setelah tertunda cukup lama, akhirnya pada 19 Juni 2020 lalu Mining Industry Indonesia (MIND ID) bersama dengan para pemegang saham mayoritas PT Vale Indonesia Tbk (PTVI) yaitu Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM) resmi menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham (Shares Purchase Agreement). Penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari penandatangan Perjanjian Pendahuluan pada tanggal 11 Oktober 2019 silam.

Dalam penyelesaian divestasi saham ini, MIND ID sendiri dibantu oleh berbagai pihak yaitu BNP Paribas sebagai konsultan keuangan, Shearman & Sterling dan Melli Darsa & Co sebagai konsultan hukum, EY Indonesia sebagai konsultan due diligence keuangan dan perpajakan, AMC Consultants Pty Ltd sebagai konsultan teknik, dan Ruky, Safrudin & Rekan dari Kantor Jasa Penilai Publik.

Dalam divestasi 20% saham vale ini, VCL akan melepas sahamnya sebesar 14.9% dan SMM sebesar 5.1%. Adapun harga per lembar saham yang disepakati senilai Rp 2.780. Dengan kata lain untuk mendapatkan 20% saham Vale, MIND ID harus merogoh kocek sebesar Rp 5,52 triliun. Penyelesaian transaksi penjualan saham ini ditargetkan akan rampung pada akhir tahun 2020 mendatang. Lebih lanjut, setelah selesainya transaksi ini maka porsi kepemilikan saham PT Vale Indonesia Tbk (PTVI) teridiri dari VCL 44.3%, MIND ID 20%, SMM 15%, dan publik 20.7%.

Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak mengatakan bahwa dengan adanya divestasi 20% saham Vale ini maka MIND ID telah mengamankan cadangan dan sumberdaya nikel terbesar dan terbaik dunia. Dirinya pun menjelaskan bahwa transaksi ini merupakan bentuk kepercayaan perusahaan-perusahaan tambang dunia terhadap MIND ID dan Indonesia secara keseluruhan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar