Detail Berita


Tujuh Posisi yang Dapat Diisi Geologist pada Perusahaan Pertambangan


"Seorang Geologist Orientasi Lapangan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 22-06-2020

duniatambang.co.id – Tak  banyak orang mengetahui bahwa ada beberapa posisi tertentu yang memerlukan adanya seorang ahli geologi dalam jajaran perusahaan pertambangan. Posisi geologist sangat penting untuk dapat mensukseskan perusahaan tambang tersebut.

Berikut beberapa posisi yang ditempati seorang geologist pada perusahaan pertambangan.

1. Admin (database geologist)

Seorang geologist dapat menempati posisi admin dalam perusahaan tambang atau sering disebut sebagai geologist database. Ruang lingkup kerja geologist database adalah meliputi menginput semua data yang berkaitan sebagai hasil dari eksplorasi untuk kemudian digunakan selanjutnya. Umumnya sebagai database geologist harus mengetahui secara umum karakteristik serta jenis data yang dibutuhkan untuk software geologi, selain itu juga seorang databse geologist harus memastikan kelengkapan database kegiatan, selalu memeriksa dan mengverifikasi data tersebut apakah benar atau tidak. Umumnya pekerjaan ini bagi seorang geologist yang senang untuk bekerja di ruang lingkup kantor dan jarang untuk ke lapangan dan sangat menikmati berada di depan laptop.

2. Quality control

Quality control adalah pekerjaan yang banyak diminati oleh seorang geologist pada perusahaan pertambangan. Seorang quality control secara garis besar memiliki kewajiban sebagai yang bertanggung jawab dalam memonitori serta melakukan pengawasan kualitas barang tambang mulai dari data forecast awal tambang hingga proses pengapalan, umumnya seorang quality control harus mampi mengontrol setiap nilai kadarbahan tambang dengan melakukan pemerconto (sampling) dan juga harus mampu mengambil keputusan serta membuat evalusai perkembangan kualitas barang tambang  yang menyimpang.

3. Pengawas tambang

Seorang geologist juga dapat menempati posisi sebagai seorang pengawas tambang pada sebuah perusahaan tambang. Pengawas tambang adalah orang yang ditunjuk langsung sebagai seorang pengawas dalam keberlangsungan kegiatan pertambangan. Pengawas pertambangan memiliki peran yang sangat penting dalam operasi pertambangan karena membawahi secarqa langsung para karyawan tingkat pelaksana pada ruang lingkup tambang. Pengawas tambang harus mengetahui tugas dan wewenang serta tanggungjawab setiap karyawan yang dibawahinya dan wajib memiliki ketrampilan yang sangat memadai dalam menjalankan tugasnya menjadi seorang pengawas tambang. Untuk menjadi seorang pengawas tambang, baik geologist ataupun teknisi tambang biasanya harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu untuk menjadi pengawas yang memiliki standarisasi yang sama.

4. HSE/ K3

Seorang geologist juga mampu menjadi seorang safety man dalam ruang lingkup tambang, karena pada dasarnya dalam melaksanakan kegiatan pertambangan perlu adanya sikronisasi antar keamanan serta SOP pekerjaan sebagai seorang geologist.  Seorang safety man pada dasarnya harus mampu mengidentifikasi serta memetakan potensi potensi bahaya yang mungkin terjadi pada ruang lingkup tambang, baik itu aspek ruang lingkup kerja ataupun pegawai, selain itu mampu untuk menyusun rencana program keselamatan dan kesehatan kerja. Apabila terjadi insiden, mampu mengevaluasi serta mencari akar permasalahan termasuk tindakan preventif dan korektif yang diambil.

5. Business and development

Bagi geologist yang memiliki bakat untuk membangun relasi serta memiliko komunikasi yang baik dan hobi untuk kerja mobile kantoran namun tidak hobi mobile di lapangan, maka sebagai business dan development dapat menjadi pilihan. Umumnya seorang yang memiliki pekerjaan ini harus mampu untuk menguasai secara garis besar gambaran perusahaan serta kegiatan pertambangan yang dilakukan di perusahaan, mampu mewaikili perusahaan di customer serta mampu menjadi penyediaan informasi perusahaan dengan komunikasi yang baik, selain itu pula harus mampu menganalisa forecasting bisnis  pertambangan yang ada

6. Geologist resource and modeling

Istilah lain bagi pekerjaan ini untuk seorang geologist adalah mine planner. Sebagai  seorang geologist juga harus mampu memodelkan serta menganalaisa jumlah cadangan yang tersimpan pada suatu wilayah tambang, dengan juga menganalisa model bukaan tambang yang bagaimana agar lebih efisien serta mampu menghindari tingkat insiden tambang , selain itu pula untuk pekerjaan ini harus mampu dalam menganalisa data geology wilayah tambang dan dikembangkan menjadi model rencana tambang. Umumnya pada perusahaan tambang, pekerjaan ini harus mampu memperbaharui data secara cepat dan factual dilapangan, agar dapat dieksekusi secar baik, selain itu juga harus mampu dalam memngevalusai perkembangan tambang dari mulai data geologi, data reserve, data produksi hingga data pengapalan.

Baca juga: Wisata Taman Geologi Dunia yang Wajib Dikunjungi Wisatawan!

7. Kepala teknik tambang

Kepala teknik tambang atau yang lebih dikenal dengan istilah KTT adalah seseorang yang memiliki kedudukan tertinggi dalam struktur perusahaan pertambangan pada bagian site (lapangan) yang bertanggung jawab sebagai pemimpin untuk terlaksananya operasional pertambangan yang sesuai dengan kaidah teknik pertambangan yang baik. Selain itu pula kTT harus mampu menyusun dokumen pelaporan kepada instansi intasi yang bersinggungan daolam ruang lingkup pertambangan. Mampu mebuat peraturan internal perusahaan, selain itu juga mampu untuk menyampaikan hasil audit internal penerapan sistem menenjemen keselamatan pertambangan.

 

Penulis : Fadlan Nursiwan

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !