Loading...
image

"Pesona Bangka Belitung"
Sumber gambar: popbela.com

Dunia Tambang / 22 June 2020 / 0 Komentar

Bangka Belitung Timah 

Potensi Tambang Timah di Babel Bisa Jadi Solusi Pulihkan Ekonomi Masyarakat

duniatambang.co.id - Wabah pandemi memiliki dampak yang cukup besar terhadap perekonomian. Tak hanya pemerintah pusat yang sibuk mencari kebijakan yang tepat untuk mendapatkan solusi,tetapi juga pemerintah daerah. Bangka Belitung misalnya, yang mengalami anjloknya perekonomian serta angka pengangguran yang meningkat. Kebijakan pembatasan aktivitas membuat sejumlah perusahaan pun merumahkan karyawan.

Sebagai pihak yang juga harus bertanggung-jawab, pemerintah daerah dituntut harus bisa menyediakan lapangan kerja pengganti, untuk menekan angka pengangguran itu. Terlebih, wilayah Bangka Belitung selama ini dikenal sebagai daerah penghasil barang tambang. Pihak DPRD pun memberikan usulan, agar Pemda Bangka Belitung bisa memaksimalkan potensi yang ada, guna mengatasi permasalahan ini.

Membuka lapangan kerja yang baru, bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk menekan angka pengangguran serta menghidupkan kembali roda perekonomian masyarakat. Hal ini menurut pihak DPRD bisa dilakukan dengan memfasilitasi tambang rakyat yang selama ini banyak beroperasi di wilayah Bangka Belitung.

Salah satu hal yang bisa dilakukan menurut pihak DPRD Bangka Belitung adalah, pemerintah daerah bisa melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan swasta, masyarakat dan juga tambang-tambang rakyat yang ada bisa dilakukan pendataan, sehingga bisa terus diawasi agar berjalan sesuai dengan aturan.

Kebijakan memberikan fasilitas untuk menghidupkan tambang rakyat dinilai DPRD Bangke Belitung sebagai solusi maksimal yang bisa diambil. Dibandingkan dengan hanya memberikan bantuan kepada masyarakat. Sebab, bantuan tersebut hanya bisa menyambung hidup masyarakat untuk jangka pendek saja. Masyarakat bisa dididik untuk kemudian dapat mencari penghasilan dan untuk bisa mencari makan secara berkelanjutan.

Sementara itu dalam beberapa hari belakangan sejumlah masyarakat memang menyerukan kepada pemerintah daerah untuk kembali menghidupkan tambang timah yang selama ini kondisinya mati suri. Sebab, potensi yang bisa dimanfaatkan dalam bidang pertambangan timah di wilayah Babel cukup besar.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar