image

"MIND ID Melakukan Penandatanganan Perjanjian Definitif Ambil Alih Saham Vale Indonesia"
Sumber gambar: ANTARA

Dunia Tambang / 21 June 2020 / 0 Komentar

Mineral Nikel Akuisisi Saham 

Akuisisi Rp. 5,52 T Berhasil, Vale Indonesia Menjadi Anggota Keenam dari Holding Tambang Indonesia

Jakarta, Dunia Tambang – Perjalanan yang cukup Panjang dari akhir tahun 2019 untuk mempersiapkan akuisisi Vale Indonesia sebesar 20% oleh Holding Pertambangan BUMN (MIND ID) akhirnya dapat terlaksana (20/06/2020).

Baca Juga : Molor Lagi, Divestasi Saham Vale Dijadwalkan Akhir Juni Mendatang

Kesepakatan untuk akuisisi sebenarnya telah disiapkan oleh Pemerintah Indonesia pada 11 Oktober 2019 dengan diawali dari Penandatanganan Perjanjian pendahuluan, dimana proses akuisisi akhirnya bisa berjalan sesuai dengan rencana.

“Transaksi yang dilakukan oleh MIND ID merupakan cerminan dari kepercayaan perusahaan-perusahaan tambang dunia terhadap MIND ID untuk bisa menjalin sinergi yang saling menguntungkan dalam mengelola industri pertambangan, dimana contoh berikutnya adalah PT Vale Indonesia merupakan salah satu contoh dari perusahaan raksasa asal brazil” Imbuh CEO Group MIND ID Orias Petrus Moedak, dalam siaran persnya, Sabtu (20/06/2020).

Kendatinya, kesepakatan yang dilakukan dalam proses akuisisi yaitu MIND ID akan membeli 20% saham Vale Indonesia dengan rincian sebesar 14.9% dari Vale Canada Limited (VCL) dan 5.1% dari Sumitomo Metal Mining (SMM) dengan total biaya yang dikeluarkan yaitu Rp. 5.52 triliun (dengan Rp. 2.780 lembar per saham). Setelah transaksi rampung dilakukan maka susunan saham pada Vale Indonesia yaitu VCL 44.3%, MIND ID 20%, SMM 15% dan Publik 20.7%.

Baca Juga: MIND ID Terbitkan Obligasi Triliunan Rupiah, Siap Akuisisi Vale?

Dengan demikian, Vale Indonesia akan menjadi anggota keenam dari Perusahaan Holding Pertambangan di Indonesia, sehingga pengelolaan dari sumber daya dan cadangan nikel terbesar di Indonesia akan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh MIND ID untuk bisa menciptakan proses hilirisasi berkelanjutan.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar