Detail Berita


Begini Hasil RUPS Semen Indonesia, Mantan Menteri Kominfo Jadi Komisaris Utama


"Limestone"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 20-06-2020

duniatambang.co.id - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Jumat (19/6). Dalam RUPS yang digelar oleh SMGR kemarin, terdapat sejumlah keputusan yang diambil oleh emiten pelat merah ini. Salah satu keputusan tersebut adalah adanya perubahan pada jajaran kursi komisaris. Sedangkan untuk jajaran direksi, SMGR memutuskan untuk tidak ada yang akan mengalami perubahan.

Seperti yang diketahui, pada Maret 2020 lalu komisaris utama SMGR yaitu Sukarwo telah resmi mengundurkan diri. Oleh sebab itu, pada RUPS kemarin SMGR mengangkat Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika tahun 2014-2019, Rudiantara untuk menduduki kursi komisaris utama PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).

Selain itu, SMGR juga memutuskan untuk membagi dividen tahun buku 2019 dengan porsi 10% dari total laba bersih atau senilai Rp 239 miliar. Sedangkan untuk 90% sisa laba bersih SMGR tahun buku 2019 akan digunakan untuk cadangan lainnya. Sebagai tambahan informasi, saham SMGR sendiri dimiliki oleh pemerintah dan publik masing-masing secara berurutan memiliki porsi sebesar 51% dan 48,9%. Lebih lanjut, pemerintah dengan kepemilikan saham 51% akan mendapatkan dividen dari SMGR sebesar Rp 121,89 miliar.

Direktur Pemasaran dan Supply Chain Semen Indonesia Adi Munandir mengatakan bahwa pihaknya akan fokus untuk mempertahankan kinerja ditengah berbagai tantang di industri semen. Selain itu, SMGR juga akan melanjutkan program transformasi biaya hingga pengaturan tata kelola niaga semen.

Sebagai informasi, pada tahun buku 2019 lalu SMGR harus mengalami penurunan laba bersih sebesar 22,31% jika dibandingkan dengan laba bersih pada tahun sebelumnya. Dengan kata lain, laba bersih yang dibukukan SMGR pada tahun 2019 lalu senilai Rp 2,39 triliun. Namun, dari segi pendapatan SMGR mencatatkan pertumbuhan sebesar 31,55% menjadi Rp 40,36 triliun.

Berikut susunan jajaran komisaris dan direksi SMGR:

Komisaris
Komisaris Utama: Rudiantara
Komisaris: Lydia Silvanna Djaman
Komisaris Independen: Nasaruddin Umar
Komisaris Independen: Mochamad Choliq
Komisaris: Astera Primanto Bhakti
Komisaris: Hendrika Nora Sinaga
Komisaris: Sony Subrata

Direksi
Direktur Utama: Hendi Prio Santoso
Direktur Produksi: Benny Wendry
Direktur Keuangan: Doddy Sulasmono
Direktur Strategi Bisnis dan Pemasaran: Fajar Judisiawan
Direktur Pemasaran dan Supply Chain: Adi Munandir
Direktur SDM dan Hukum: Tina Kemala Intan

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor  : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !