Detail Berita


Bukit Asam (PTBA) Lakukan Buyback Saham Senilai Rp 12,5 miliar


"Ilustrasi uang"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 19-06-2020

duniatambang.co.id - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) telah menyelesaikan periode pembelian kembali (buyback) saham yang berakhir pada Selasa (16/6). Aksi buyback saham ini dilakukan PTBA dengan periode pelaksanaan tiga bulan yaitu dimulai pada 17 Maret 2020 hingga 16 Juni 2020. 

Sebelumnya, PTBA mengalokasikan dana hingga Rp 300 miliar untuk menggelar aksi korporasi ini. Namun, Realisasi buyback saham yang dilakukan PTBA hanya sebesar Rp 12,5 miliar. Artinya, terdapat dana sebesar Rp 287,5 yang akhirnya dipilih PTBA untuk dikembalikan ke kas internal. Sekretaris Perusahaan Bukit Asam Apollonius Andwie mengatakan bahwa pengembalian dana alokasi buyback ke kas internal dilakukan PTBA untuk menjaga likuiditas meski saat ini kas PTBA masih dalam kondisi sangat baik.

Sebagai informasi, jika melansir laporan keuangan PTBA per kuartal I 2020 lalu kas dan setara kas PTBA sudah mencapai Rp 7,5 triliun. Jika dibandingkan dengan posisi kas dan setara kas per 31 Desember 2019, kas dan setara kas PTBA kuartal I 2020 secara persentase naik hingga 64,07%.

Di tengah kondisi pasar batubara yang masih tertekan baik dari segi harga yang masih enggan beranjak naik dan turunnya permintaan, PTBA memang tengah gencar melakukan berbagai kegiatan efisiensi dari berbagai lini bisnis miliknya untuk menjaga likuiditas perusahaan dan keberlangsungan bisnis miliknya.

Selain itu, PTBA juga tengah mengoptimalkan kinerja operasionalnya terkait peningkatan penjualan batubara miliknya dengan membidik pangsa pasar baru seperti Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, Korea Selatan hingga Hongkong. Kendati menghadapi sejumlah tantangan, PTBA hingga kini belum memilih untuk melakukan revisi Rancangan Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB). Pihaknya masih berpedoman pada target dan panduan kerja yang sudah dibuat sebelumnya.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !