Detail Berita


Siapkan Investasi Hingga US$ 250 juta, ABM Investama Incar Akuisisi Tambang Batubara


"Bongkah-Bongkahan Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 19-06-2020

duniatambang.co.id - PT ABM Investama Tbk (ABMM) tetap membidik rencana akuisisi tambang batubara Ditengah tekanan pasar batubara dan tantangan pandemi covid-19. Hal ini dilakukan ABMM untuk mendapatkan pundi-pundi cadangan batubara baru. Rencana ekspansi bisnis melalui akuisisi tambang sudah direncanakan ABMM sejak 2015 silam.

Direktur ABM Investama Adrian Erlangga mengatakan bahwa saat ini ABMM telah memiliki daftar sejumlah tambang yang dijadikan pertimbangan untuk diakuisisi yaitu berkisar 180 Izin Usaha Pertambangan (IUP) di sejumlah wilayah yang ada di Indonesia. ABMM mengincar wilayah-wilayah tambang yang bisa diakuisisi dengan kontrak seumur tambang. Hal tersebut dilakukan lantaran ABMM tidak ingin hanya fokus pada kegiatan produksi saja melainkan dapat berkontribusi untuk pembangunan wilayah sekitar tambang, termasuk kegiatan revegetasi.

ABMM membidik akuisisi dengan tujuan dapat memperoleh tambahan cadangan batubara sekitar 70 juta-100 juta ton dengan kandungan kalori sekitar 4000 kcal/kg-5.000 kcal/kg. Untuk itu, ABMM saat ini tengah menyiapkan dana investasi untuk keperluan akuisisi hingga US$ 150 juta—US$ 250 juta. Dana tersebut diluar dari dana belanja modal atau capital expenditure (capex) tahunan. Dana akuisisi yang disiapkan ABMM ini berasal dari pinjaman perbankan dan ekuitas internal perusahaan.

Lebih lanjut, Direktur ABM Investama Adrian Erlangga pun berharap rencana akuisisi ini dapat dilakukan pada tahun ini. Sebagai informasi, saat ini ABMM memiliki 3 IUP dimana terdapat dua IUP berada di kawasan Aceh dan satu IUP di Kalimantan Selatan. Sedangkan untuk cadangan batubara, ABMM memiliki cadangan batubara sekitar 260 juta ton. Untuk produksi, pada tahun ini ABMM memproyeksikan akan mampu memproduksi sekitar 12 juta ton-13 juta ton batubara.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !