Detail Berita


Dinanti-nanti, UU Minerba Baru Resmi Dirilis


"Ilustrasi Palu Sidang"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 18-06-2020

duniatambang.co.id - Lika-liku revisi UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara atau UU Minerba kini semakin mendekati akhir. Sebagai informasi, publik beberapa waktu ini dibuat menunggu terkait dengan kelanjutan dari revisi UU Minerba yang telah resmi disahkan oleh DPR di rapat paripurna pada Selasa (11/5). Lalu, RUU yang telah disahkan pada rapat paripurna tersebut dikirim ke Presiden Joko Widodo untuk dibubuhi tanda tangan sebelum akhirnya diundangkan di Kemenkumham.

Setelah sempat membuat publik bertanya-tanya, Sekretariat Negara mengonfirmasi Undang-Undang Mineral dan Batubara (UU Minerba) tersebut telah ditanda tangani Presiden Joko Widodo pada 10 Juni 2020 lalu. Presiden Jokowi memang memiliki waktu tenggat selama 30 hari sebelum akhirnya membubuhkan tanda tangan di RUU Minerba tersebut.

Baca juga: Revisi UU Minerba Disahkan, Saham Tambang Belum Meroket Tajam

Lebih lanjut setelah mendapat restu Jokowi, Proses pengundangan dan pengesahan UU Minerba oleh Kemenhukam dilakukan dihari yang sama dengan penandatangan RUU Minerba oleh Presiden. Pemerintah pun akhirnya merilis Undang-Undang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba) yang baru yaitu UU Nomor 3 Tahun 2020 sebagai Perubahan atas UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Minerba.

Kendati telah dirilis, UU Minerba ini masih menyisahkan polemik dan kontraversi di sejumlah kalangan. Bahkan, Sejumlah kalangan menilai UU Minerba baru ini cacat secara prosedural maupun substansi. Proses penerbitan UU Minerba ini juga sempat disayangkan karena harus memakan waktu yang cukup lama sejak disahkan di rapat paripurna bulan lalu. UU No. 3 tahun 2020 ini pun berpotensi untuk digugat oleh sejumlah pihak ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk dilakukan Judicial review (JR). Sebagai tambahan informasi, uji formil yang diajukan kepada MK dibatasi paling lambat 45 hari setelah UU minerba baru itu diundangkan.

Lantas, bagaimana akhir dari lika-liku UU Nomor 3 Tahun 2020 atau UU Minerba baru ini?

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !