Detail Berita


Wah Semen Baturaja Ekspansi Pasar Ke Kalimantan


"Limestone"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 16-06-2020

duniatambang.co.id - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) merupakan emiten pelat merah yang berkecimpung pada bisnis semen. Emiten pelat merah ini sebelumnya mengandalkan pasar semen utamanya yaitu di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Bagaimana tidak, Wilayah kerja operasional SMBR memang berdomisili di Sumatera Bagian Selatan.

Namun, saat ini permintaan semen memang belum cukup bergairah. Bahkan untuk wilayah Sumbagsel sendiri, permintaan semen diproyeksikan turun sebesar 7% sampai 22% sampai akhir tahun 2020. Sebagai salah satu strategi untuk mengoptimalkan kinerja, SMBR pun membidik pasar baru diluar pangsa pasar utamanya. SMBR membidik Kalimantan sebagai market baru bagi semen miliknya.

Sebagai langkah awal, Pada 10 Juni 2020 SMBR melakukan pengiriman perdananya ke Pontianak, Kalimantan Barat berupa 750 ton produk semen. Pengiriman tersebut dilakukan SMBR melalui Pelabuhan Boom Baru, Palembang bekerjasama dengan salah satu perusahaan handling bongkar muat yang ditunjuk langsung oleh SMBR yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok.

Tidak terlepas hanya disitu, SMBR berencana akan segera melakukan pengiriman tahap kedua ke Pontianak. SMBR menargetkan total muatan yang dikirim pada tahap satu dan dua ini dapat mencapai 2.750 ton produk semen. Jika semua berjalan dengan lancar, SMBR pun kedepannya telah menyiapkan berbagai strategi terkait dengan kontrak jangka panjang dengan distributor setempat. Dengan berbagai upaya yang tengah gencar dilakukan SMBR ini, pihaknya optimis dapat menguasi 5% pangsa pasar semen di Pontianak.

Vice President Corporate Secretary SMBR, Basthony Santri mengatakan bahwa Pontianak merupakan salah satu daerah yang cukup strategis untuk dikembangkan bagi SMBR. Hal ini lantaran Pontianak diproyeksikan akan memiliki cukup banyak proyek pembangunan baik dari pemerintah maupun swasta seperti pembangunan dermaga dan terminal berstandar internasional. Kedepannya, SMBR akan terus mengepakkan sayapnya untuk membidik pangsa pasar baru diluar Sumbagsel.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !