Detail Berita


Wisata Taman Geologi Dunia yang Wajib Dikunjungi Wisatawan!


"Gua Hotton di Ardenne Belgia"
Sumber gambar: en.unesco.org


Tanggal terbit: 15-06-2020

duniatambang.co.id - Fenomena geologi yang ada di muka bumi selain dapat membuat kekayaan sumber daya alam suatu daerah, tetapi juga dapat membuat bentuk nan elok di permukaan bumi sehingga dapat memanjakan mata dengan segala  keindahannya.

Berikut beberapa tempat di dunia yang menjadi taman geologi  versi Dunia Tambang:

1. Toadstool Geologic Park, Nebraska - Amerika Serikat
 

Toadstool Geologic Park (Sumber: www.inews.id)

Tempat wisata yang berada barat laut Nebraska, Amerika serikat,  digadang-gadang sebagai salah satu tempat wisata yang lingkungan  serta suasananya mirip dengan keadaan  bulan. Selain itu, tempat ini juga dimanfaatkan sebagai sarana hiking dan camp ground oleh dinas kehutanan di Amerika serikat.  Dinamakan toadstool karena kita dapat menemukan  pemandangan bukit batuan yang menyerupai jamur. Secara geologi, ini dapat terbentuk sebagai akibat adanya batupasir berstruktur nodular yang secara  sedimentasi regional mengalami perlapisan dengan batulanau ,  akibat pelapukan, dimana resistensi batupasir lebih  tinggi, sehingga mengakibatkan batupasir membentuk kepala jamur

2. Cao Bang, Vietnam

Geopark Cao Bang (Sumber: vonworld.vn)

Salah satu provinsi di Vietnam ini dinobatkaan sebagai salah satu provinsi yang memiliki keindahan geologi  oleh Unesco, geopark Cao Bang terletak di ujung utara Negara Vietnam, dengan jarak tempuh hampir 300 km dari ibu kota Vietnam, Hanoi.  Keindahan geopark in terletak pada sistem sungai, air terjun pegunungan karst serta gua gua yang ada pada provinsi tersebut.

Geo park Cao Bang memiliki luas sekitar 3300 km2 yang meliputi hampir 9 kabupaten di provinsi cao bang. Terdapat banyak  situs serta peninggalan sejarah pada geopark ini, salah satunya adalah sejarah gua pac bo yang  pernah menjadi  tempat tinggal presiden ho chi minhdalam memimpin revolusi Vietnam.  Selain  itu banyak pula gua gua karst lainyang stlaktite dan stalalgmitenya mampu bercahaya

3. Ngorongoro Lengai, Tanzania

Ngorongoro Lengai (Sumber: volcano.si.edu)

Ngorongoro Lengai adalah salah satu wisata geologi yang berada di Tanzania, afrika. Sebuah padang tundra yang terdapat gunung berapi aktif, yaitu  gunung Ol Doinyo Lengai, memiliki  ketinggiaan 2962m dan termasuk gunung api yang sudah lama berdiam untuk tidak erupsi. Hamparan padang tundra yang luas ditemani bison yang ramai  menghiassi pemandangan, memang sesuatu yang sangat menakjubkan.

Masyarakat setempat menganggap bahwa  gunung Ol Doinyo Lengai adalah gunung dewa atau gunung suci, selain itu keunikan gunung ini secara geologi adalah  tipe gunung berapi yang menghasilkan lava dengan kandungan natro-karbonat, yang mana hampir sama sekali tidak ada silika. Selain itu juga, di geopark ini terdapat  The Olduvai Gorge, sebagai salah situ paleontologi yang terkenal di dunia, dimana terekam banyak jejak fosil yang dapat ditemukan pada daerah ini dari hewan laut hingga fosil genus homo.

4. Ciletuh, Indonesia

Pemanadangan pantai dan alluvial di geopark ciletuh (Sumber: liputanislam.com)

Salah satu wisata geologi dalam negeri yang sangat menakjubkan, geopark ciletuh yang berada di Banten Jawa Barat merupakan salah satu wisata geologi dunia yang wajid dikunjungi. Batuan tua  berumur mesozikum, serta pemandangan pantai alluvial dan berbagai macam air terjun menjadi destinasi wajib masyarakat Indonesia dan juga kebanggan sendiri dengan adanya tama wisata geologi yang mampu bersaing dengan wisata  geologi lainnya.

5. Famenne – Ardenne, Belgia

Geopaark Famenne  - Ardenne (Sumber: en.wikipedia.org)

Bagi teman teman yang menyukai dengan suasana abad  renaisans Eropa dengan hal menakjubkan geologi di dalamnya, maka geopaark Famenne  - Ardenne  di belgia bisa menjadi pilihannya. Suasana perdesaan eropa dengan adanya kekayaan geologi berupa gua serta bukit antiklin sebagai  hasil  perlipatan batuan benar-benar menakjubkan. Gua yang di dominasi oleh batu kapur berumur Devonian (393 hingga  383 juta tahun lalu) kemudian terbentuk sebagai lahan karst yang juga tergabung dengan batugamping carboniferous (359-331 juta tahun lalu, ini menagkibatkan daaerah ini menjadi pelopor pertama stratigrafi regional belgia umur paleozoikum.

 

Penulis : Fadlan Nursiwan

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !