Detail Berita


Kuartal I, Darma Henwa Catatkan Kenaikan Laba Hingga 158 Persen


"Pemuatan batubara ke dalam dump truck"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 14-06-2020

duniatambang.co.id  -  PT Darma Henwa Tbk (DEWA) merupakan salah satu emiten yang tergabung dalam Entitas Grup Bakrie. Pada kuartal I 2020, DEWA menunjukkan performa kerja yang cemerlang. DEWA berhasil mengantongi laba sebesar US$ 688.563 atau Rp 9,64 miliar (asumsi kurs Rp 14.000 per US$). Laba tersebut secara persentase melesat hingga 158,6% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Kenaikan laba tersebut sejalan dengan kenaikan pendapatan yang juga berhasil dicatatkan DEWA sepanjang kuartal I 2020 lalu. Secara persentase DEWA berhasil mengantongi kenaikan pendapatan sebesar 23,99% year on year (yoy) atau menjadi US$ 81,98 juta. Pendapatan DEWA ini berasal dari pendapatan pihak berelasi yang terdiri dari PT Kaltim Prima Coal, PT Arutmin Indonesia dan PT PT Citra Palu Minerals serta berasal dari pendapatan pihak ketiga yaitu PT Cakrawala Langit Sejahtera dan PT Aneka Tambang Tbk.

Lebih lanjut, DEWA sendiri sebenarnya mengalami kenaikan beban pokok pendapatan hingga 29,98% yoy atau sebesar US$ 81,90 juta. Namun, DEWA cukup beruntung karena dapat menikmati laba selisih kurs bersih senilai US$ 9,36 juta pada kuartal I 2020. Kinerja yang cemerlang ini juga memberikan dampak positif bagi DEWA berupa kenaikan aset perusahaan. Hingga Maret 2020, aset DEWA secara persentase tercatat naik hingga 29,16% menjadi US$ 538,77 juta. Begitupula dengan kas dan setara kas DEWA naik 12,18% year to date (ytd) menjadi US$ 23,28 juta.

DEWA berharap kinerja tetap cemerlang hingga tutup tahun 2020 nanti. Manajemen DEWA pun mengklaim hingga kini pihaknya belum terdampak secara signifikan dengan adanya pandemi covid-19 ini. Kegiatan operasional DEWA masih berjalan sebagaimana mestinya. Kendati demikian, pihaknya tetap akan mengikuti perkembangan situasi global terkait pandemi covid-19 dan terus berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat di area operasional DEWA.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !