Detail Berita


Kerjasama dengan Berau Coal Berakhir, Bagaimana Nasib Karyawan PT SIS?


"Pemuatan batubara ke dalam dump truck"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 12-06-2020

duniatambang.co.id - Kerjasama antara PT. Berau Coal dan kontraktornya PT. Saptaindra Sejati (PT. SIS) di Site Sambarata resmi berakhi per Juni 2020. Dengan demikian kontraktor tambang di site tersebut pun akan berganti. Alat-alat berat milik PT. SIS pun sudah mulai dimobilisasi dari Site Sambarata.

Diketahui, PT SIS merupakan kontraktor tambang PT. Berau Coal di site Sambarata sejak tahun 1999. Memiliki nama awal PT. Dianlia Setyamukti, perusahaan ini mendapatkan kontrak pertamanya dengan PT. Berau Coal pada tahun tersebut. Memulai debutnya sebagai supplier alat berat, PT. Dianlia Setyamukti akhirya dipercaya PT. Berau Coal sebagai kontraktor transportasi tambang pada tahun 2002 dan berganti nama menjadi PT. Saptaindra Sejati. Namun kerja sama antara kedua perusahaan berakhir Juni 2020 ini. PT SIS pun mengambil langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap seluruh pekerjanya.

Meski demikian, PT. SIS memiliki komitmen untuk memenuhi seluruh hak karyawan yang terkena PHK sesuai dengan ketentuan UU Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003. Hal tersebut diungkapkan oleh Thoha, GA and External Division Head PT SIS. Proses penyelesaian hubungan kerja dengan karyawan dilakukan PT SIS selama 10 hari, dari 10 hingga 20 Juni 2020. Thoha memastikan setiap pekerja PT SIS yang terkena PHK, diberikan surat keterangan kerja. Surat tersebut nantinya bisa digunakan sebagai dokumen pelengkap untuk mengikuti proses seleksi penerimaan tenaga kerja di kontraktor pengganti PT SIS di Sambarata.

Senada dengan pernyataan Thoha, Bupati Berau Muharram pun mengingatkan pentingnya pemenuhan hak seluruh karyawan yang terkena PHK dengan mengikuti ketentuan dari ketenagakerjaan yang berlaku. Para karyawan tersebut mesti diberikan prioritas untuk seleksi penerimaan tenaga kerja baru di kontraktor tambang pengganti PT SIS. Hal ini juga ditekankan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau, Junaidi. Ia mengungkapkan bahwa kontraktor pengganti harus patuh terhadap Perda Nomor 8 Tahun 2018, mengenai perlindungantenaga kerja lokal.Lantas siapakah kontraktor pengganti PT.SIS di Berau?

 

Penulis  : Shofy NF.

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !