Detail Berita


Teknologi Digital Sektor Pertambangan Makin Dilirik dan Diminati


"Coal Mining "
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 12-06-2020

duniatambang.co.id – Teknologi merupakan keseluruhann sarana untuk memudahkan keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Salah satu teknologi yang ngetrend saat ini adalah teknologi digital yang semakin mengubah dunia. Teknologi digital merupakan suatu alat yang tidak menggunakan tenaga manusia secara manual, tetapi lebih kepada sistem pengoperasian yang otomatis dengan sistem komputerisasi.

Teknologi digital pun mulai merambah ke sektor pertambangan. Dengan ditunjang oleh teknologi, perusahaan pertambangan kini mengalami perkembangan yang pesat. Saat ini, teknologi digital pertambangan mempunyai peranan yang penting dalam proses operasi, produksi dan bisnis pertambangan.

Salah satu contoh perusahaan kontraktor pertambangan yang sukses menerapkan digitalisasi pertambangan adalah PT Petrosea Tbk. Terbukti pada tahun 2019, Petrosea diseleksi oleh World Economic Forum ke dalam Global Lighthouse Network karena berhasil dalam pengimplementasian teknologi pada Revolusi Industri 4.0.

Inovasi digital dalam industri pertambangan dapat meningkatkan produktivitas yang berpengaruh terhadap cashflow perusahaan. Digitalisasi pertambangan pun dapat dimulai dari perencanaan hingga proses pengolahan mineral.

Baca juga: Digitalisasi Pertambangan? Siapkah Indonesia?

Di sisi lain, melimpahnya sumber daya alam di Indonesia tak membuat negeri ini lepas dari permasalahan di sektor pertambangan. Ditambah lagi, harga komoditas sedang mengalami pukulan yang cukup keras. Harga jual beberapa komoditas berada di level yang kurang bagus.

Kondisi ini tentu memaksa manajemen perusahaan berpikir ekstra untuk menjaga kinerja perusahaan agar tetap sehat. Upaya yang dapat dilakukan seperti efisiensi sistem operasi pertambangan. Salah satunya melalui penerapakan teknologi digital pertambangan.

Sebelumnya, ada beberapa teknologi bidang pertambangan yang telah digunakan seperi teknologi untuk perlindungan pekerja, teknologi alat berat, dan teknologi untuk mengatasi dampak negatif lingkungan.

Baca juga: Data Science dan Big Data Kunci Sukses Digitalisasi Pertambangan

PT Freeport Indonesia misalnya, yang mulai gencar menerapkan teknologi komputerirasi untuk menghadapi tantangan dalam penambangan bawah tanah.

Sementara dari birokrasi, pemeritah melalui Kementerian ESDM telah menggenjot upaya digitalisasi bidang pertambangan melalui pengembangan beberapa aplikasi. Seperti aplikasi Modul Verifikasi Penjualan (MPV), Minerba One Map Indonesia (MOMI), dan Minerba One Data (MODI).

 

Penulis : Mayang Sari

Editor    : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !