Detail Berita


PTBA Gelar RUPS Tahunan, Putuskan Bagi-bagi Dividen Jumbo Hingga Rombak Direksi


"RUSPT PT Bukit Asam Tbk 2020"
Sumber gambar: ptba.co.id


Tanggal terbit: 11-06-2020

duniatambang.co.id - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) baru saja menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Rabu (10/6). Dalam RUPST yang digelar oleh emiten pelat merah ini, terdapat sejumlah agenda penting yang dibahas. Mulai dari keputusan untuk membagikan dividen tahun buku 2019 senilai triliunan rupiah hingga keputusan untuk mengganti beberapa nama pada kursi jajaran direksi dan komisaris.

Pembagian dividen PTBA untuk laba bersih tahun buku 2019 cukup fantastis. Rasio dividen (dividend payout ratio) PTBA pun tak tanggung-tanggung yaitu 90% dari total laba bersih tahun buku 2019 atau total dividen yang dibagikan PTBA senilai Rp 3,65 triliun. Sebagai informasi, PTBA pada tahun 2019 lalu berhasil membukukan laba sebesar Rp 4,1 triliun. Rasio dividen yang dibagikan untuk tahun buku 2019 ini memang lebih besar jika dibandingkan dengan rasio pada dua tahun sebelumnya yaitu 2018 dan 2017 yang hanya sebesar 75% dari total laba yang dibukukan.

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin mengatakan bahwa hal ini dilakukan PTBA sebagai bentuk apresiasi bagi pemilik saham dimana rasio dividen (dividend payout ratio) pada tahun ini memang terbesar sepanjang sejarah berdirinya PTBA. Selain memutuskan untuk menebar dividen jumbo, RUPST yang digelar PTBA kemarin juga memutuskan untuk adanya pergantian nama pada jajaran kursi direksi dan komisaris.

Dimana, Hadis Surya Palapa yang sebelumnya menjabat sebagai Sekertaris Perusahaan kini menduduki kursi Direktur Operasi dan Produksi PTBA menggantikan Suryo Eko Hadianto yang beberapa waktu lalu dilantik menjadi Direktur Transformasi Bisnis di PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Selain itu, dijajaran komisaris terdapat sejumlah nama yang diangkat yaitu E. Piterdono HZ, Carlo Brix Tewu, dan Irwandy Arif mengantikan Robert Heri, Taufik Madjid, dan Soenggoel Pardamean Sitorus. Lebih lanjut, untuk kursi komisaris independen yang sebelumnya diduduki Heru Setyobudi Suprayogo, kini digantikan oleh Andi Pahril Pawi.

Berikut susunan baru jajaran komisaris dan direksi Bukit Asam :

 

Komisaris
Komisaris Utama/Independen: Agus Suhartono
Komisaris: Jhoni Ginting
Komisaris: E. Piterdono HZ
Komisaris: Carlo Brix Tewu

Komisaris: Irwandy Arif
Komisaris Independen : Andi Pahril Pawi

 

Direksi
Direktur Utama: Arviyan Arifin
Direktur Niaga: Adib Ubaidillah
Direktur Pengembangan: Fuad Iskandar Zulkarnain Fachroeddin
Direktur Sumber Daya Manusia (SDM): Joko Pramono
Direktur Keuangan: Mega Satria
Direktur Operasi dan Produksi: Hadis Surya Palap

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Mayang Sari

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !