Detail Berita


Realisasi Produksi Batubara Nasional Capai 42%, ESDM Optimis Akan Capai Target


"Kereta Babaranjang Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 10-06-2020

duniatambang.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tahun 2020 ini mematok target produksi batubara sebesar 550 juta ton. Per Mei 2020 lalu, realisasi produksi batubara nasional sudah berada pada angka 228 juta ton atau secara persentase sebesar 41,45% dengan realisasi penggunaan batubara untuk keperluan domestik atau Domestic Market Obligation (DMO) sudah mencapai 53,55 juta ton.

Lebih lanjut, untuk volume ekspor batubara pada tahun 2020 diharapkan dapat mencapai 435 juta ton. Hingga akhir Mei 2020 lalu, realisasi ekspor batubara baru berada pada angka 175,15 juta ton atau setara dengan nilai US$ 7,77 miliar. Melihat realisasi produksi batubara, serapan DMO dan realisasi ekspor, Kementrian ESDM hingga saat ini memang belum berniat untuk melakukan revisi terhadap target produksi batubara nasional.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan bahwa realisasi hingga bulan Mei 2020 lalu masih sejalan dengan target produksi batubara nasional yang dipatok sebelumnya. Untuk itu, Kementrian ESDM pun cukup optimis hingga akhir tahun 2020 nanti produksi batubara nasional diproyeksikan dapat sesuai dengan target yang diharapkan sebelumnya.

Kendati demikian, Agung pun tidak menapik jika adanya pandemi covid-19 yang menyebar hampir ke semua Negara di dunia merupakan salah satu hambatan besar bagi batubara. Bahkan, diproyeksikan perdagangan batubara di pasar internasional akan mengalami penurunan. Menanggapi fakta tersebut, dirinya pun menjelaskan bahwa saat ini Indonesia tengah melakukan penjajakan dengan beberapa Negara berkembang lainnya terkait dengan kegiatan ekspor batubara. Sejumlah Negara tersebut yaitu Vietnam, Banglades, dan Pakistan. Selain itu, Indonesia juga akan mengoptimalkan kegiatan direct contract atau direct shipping ke negara-negara importir batubara.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !