Detail Berita


Kenali Jenis-Jenis Emas Agar Tidak Salah Saat Membeli


"Gold ingot"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 10-06-2020

duniatambang.co.id - Selama ini banyak orang mengenal emas sebagai mineral logam yang memiliki nilai jual yang tinggi dan menjadi buruan banyak orang. Namun sebenarnya emas memiliki beragam jenis atau tipe yang masing-masing juga memiliki nilai yang berbeda. Jadi tidak hanya faktor eksternal seperti biaya produksi, atau kondisi ekonomi global yang mempengaruhi nilai sebuah emas.

Bagi masyarakat yang berminat menjadikan emas sebagai sarana investasi, tentunya harus mengenal jenis-jenis emas tersebut terlebih dahulu. Tujuannya agar tidak terjebak oleh harga saat membeli atau hendak menjualnya. Dan tentunya keberagaman jenis emas ini diperjual belikan di pasaran.

Emas Untuk Perhiasan

Emas jenis ini adalah yang paling mudah ditemukan di sekitar anda. Biasanya dijual di toko-toko emas dalam bentuk perhiasan seperti, cincin, gelang, anting-anting dan juga kalung. Ciri yang paling mudah untuk dilihat adalah dari bentuknya yang indah, diberikan tambahan aksesoris logam mulia lain seperti tembaga, perak atau berlian.

Emas perhiasan ini biasanya tidak murni berupa logam mulia tersebut. Namun sudah tercampur dengan logam lainnya agar lebih mudah untuk dibentuk dan dibuat polanya. Dalam hal ini, jumlah kadar emas yang ada pada perhiasan disebut juga dengan karat.

Emas Batangan

Emas jenis batangan dijual sangat terbatas, dan tidak akan ditemukan di toko-toko perhiasan atau toko emas pada umumnya. Biasanya emas jenis batangan ini hanya dijual di outlet atau toko milik perusahaan tambang emas atau pegadaian.

Emas jenis ini juga yang paling sering dijadikan sebagai sarana investasi. Sebab kandungan emasnya yang murni mencapai 99,99 persen tanpa adanya campuran logam lainnya. Terlebih ada proses sertifikasi yang ketat untuk memproduksi emas jenis batangan.

Emas Koin

Seperti namanya, emas jenis ini memiliki bentuk seperti koin dan memiliki fungsi yang beragam. Biasanya emas koin paling banyak digunakan untuk emas ONH (Ongkos Naik Haji) serta dinar emas koin. Koin dinar bisa ditemukan sebagai alat transaksi di negara Arab Saudi, sementara koin ONH biasa digunakan aset jaminan saat anda melakukan ibadah haji untuk menghindari perubahan nilai karena inflasi mata uang lain.

Emas Granule

Emas ini mungkin yang jarang ditemukan, sebab emas jenis ini sebenarnya tidak untuk diperjualbelikan. Bentuknya mirip seperti serbuk dengan tekstur yang sangat halus. Emas Granule lebih banyak digunakan oleh para pengrajin, untuk diolah menjadi produk turunan lainnya.

Emas Online

Sedangkan emas jenis ini diberi nama sesuai dengan cara bertransaksi yang dilakukan, yakni melalui jual beli secara online. Model online demikian saat ini sedang marak dipilih oleh masyarakat. Karena proses jual beli secara online dianggap sangat mudah dan bisa dilakukan melalui Pialang, Bank ataupun Pegadaian. Kebanyakan, pembeli hanya akan diberikan sebuah surat sertifikat resmi dan emas fisik tidak dimiliki secara langsung.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !