Detail Berita


Investasi Emas Paper Asset, Seberapa Menguntungkan?


"Fine Gold"
Sumber gambar: republika.co.id


Tanggal terbit: 09-06-2020

duniatambang.co.id - Bisnis dan teknologi adalah sektor yang terus mengalami perubahan secara masif setiap waktunya. Sistem konvensional semakin ditinggalkan, dan banyak masyarakat yang mulai beralih dengan beragam sistem-sistem modern yang jauh lebih canggih dan tentunya memudahkan.

Dalam hal investasi emas, hal ini juga sangat mempengaruhi. Sistem konvensional investasi emas biasanya dilakukan dengan membeli dan menyimpan emas jenis real asset seperti, emas batangan atau perhiasan. Kini sistem tersebut mulai ditinggalkan, dan masyarakat sudah mulai beralih ke investasi emas Paper Asset. Alasannya, sistem ini jauh lebih efisien dengan tingkat keamanan yang cukup terjamin.

Lalu apa saja jenis emas Paper Asset yang biasa dipilih untuk investasi?

Sertifikat Emas

Sistem investasi sertifikat emas dilakukan dengan membeli sebuah sertifikat, sebagai bukti kepemilikan resmi asset emas yang posisinya berada disimpan di sebuah bank. Keuntungan dari berinvestasi dengan sertifikat emas adalah para investor tidak perlu repot-repot membeli emas berbentuk fisik untuk kemudian disimpan di safety box.

Jaminan keamanan juga termasuk dalam layanan pembelian emas yang diberikan oleh perusahaan. Dengan demikian, tingkat keamanan cukup tinggi dan resiko emas tercuri atau hilang akan sangat minim sekali.

Reksadana Emas

Sistem reksadana emas ini dilakukan dengan menanam modal investasi pada perdagangan emas fisik serta transaksi saham yang dimiliki oleh sebuah perusahaan emas. Keuntungan yang bisa didapat yakni mirip dengan sertifikat emas. Yakni, anda tidak perlu repot menyediakan tempat untuk menyimpan emas fisik.

Transaksinya pun juga bisa dilakukan secara online melalui sejumlah marketplace yang ada. Sementara keuntungan atau profit dari reksadana emas bisa didapatkan dari transaksi saham perusahaan serta perdagangan fisik emas yang dilakukan perusahaan.

Trading Emas

Sistem trading emas ini adalah yang paling melekat dengan penggunaan jaringan internet secara online. Sistem dalam trading emas pun kini terus berkembang semakin mudah, sehingga bisa dilakukan oleh mereka yang awam. Terlebih banyak sekali platform yang ini melayani kegiatan trading emas dengan beragam promo yang menarik.

Secara umum, trading emas prosesnya hampir mirip dengan reksadana emas. Yang membuatnya berbeda adalah dari proses transaksinya. Kegiatan jual beli secara terpusat dilakukan di lantai bursa, dan prosesnya jauh lebih rumit dan memiliki algoritma khusus dibandingkan transaksi emas secara fisik.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Hazred Umar Fathan

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !