Detail Berita


Waduh Harga Batubara Acuan Juni 2020 Merosot Hingga 13,3 Persen


"Coal Mining"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 06-06-2020

duniatambang.co.id - Harga Batubara Acuan (HBA) Juni 2020 harus kembali merosot tajam hingga 13,3%. HBA memang sudah tercatat menurun sejak dua bulan yang lalu. Namun, HBA pada bulan April dan Mei 2020 masih berada dilevel US$ 60 per ton yaitu US$ 65,77 per ton di bulan April dan US$ 61,11 per ton pada bulan Mei. Nasib buruk masih menyelimuti batubara ketika HBA pada bulan Juni harus berada dilevel US$ 50 tepatnya US$ 52,98 per ton.

Sebagai informasi, HBA diperoleh dari rata-rata indeks Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platts 5900 pada bulan sebelumnya, dengan kualitas yang disetarakan pada kalori 6322 kcal per kilogram GAR.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengungkapkan turunnya HBA bulan Juni ini memang masih merupakan dampak panjang dari pandemi covid-19 yang menyebabkan roda perekonomian terhambat sehingga membuat pasar batubara kurang bergairah. Batubara pun hingga kini masih dibayangi kondisi oversupply.

Selain itu, India dan China masih mengandalkan produksi dalam negeri mereka masing-masing, mengingat stock batubara kedua Negara tersebut diproyeksikan masih terbilang cukup tinggi. Hal ini juga membuat permintaan impor batubara dari kedua Negara tersebut menurun. Lebih lanjut, Agung pun menambahkan bahwa HBA Indonesia memang sudah tercatat memiliki tren turun sejak Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi oleh Word Health Organization (WHO) pada pertengahan Maret lalu.

Selain itu, tegangan hubungan China-Australia juga diyakini akan menjadi tekanan bagi komoditas batubara. Begitupula dengan adanya peralihan ke sumber energi alternatif yang lebih ramah lingkungan juga masih menjadi sentimen negatif bagi emas hitam ini. Bahkan, Direktur Penerimaan Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Minieral (ESDM) Johnson Pakpahan pun memproyeksikan harga batubara Indonesia pada akhir tahun 2020 masih berada di kisaran US$ 59-61 per ton.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !