Detail Berita


ESDM Tunda Lelang Wilayah Tambang, Masih Menunggu Aturan?


"Coal Mining"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 05-06-2020

duniatambang.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengaku hingga saat ini belum bisa melaksanakan lelang wilayah pertambangan. Sebelumnya, kegiatan lelang tersebut dijadwalkan akan dilakukan pada kuartal I 2020. Lelang tersebut terkait dengan tiga Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK) yang sebelumnya sudah ditetapkan pada tahun lalu berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No 181 K/30/MEM/2019 tentang WIUP dan WIUPK Periode Tahun 2019.

Tiga WIUPK yang jadi prioritas tersebut antara lain merupakan tambang nikel di Luwu Timur, Sulawesi Selatan yang terdiri dari WIUPK Pongkeru seluas 4.252 hektare (ha), WIUPK Lingke Utara seluas 943 ha, dan WIUPK Bulubalang seluas 1.666 ha. Selain ketiga WIUPK periode 2019, terdapat pula empat WIUPK periode tahun 2018 yang terdiri dari WIUPK nikel Suasua, WIUPK nikel Latao, WIUPK nikel Kolonodale, dan WIUPK batubara Rantau Pandan.

Penundaan pelaksanaan lelang tersebut terjadi lantaran ESDM masih harus menunggu pembuatan peraturan pelaksana dari perubahan Undang-Undang No. 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba). Seperti yang diketahui, perubahan UU Minerba tersebut belum lama ini disahkan oleh DPR RI.

Selain itu, lelang ini sempat kembali tertunda lantaran adanya Kepmen ESDM No 80 K/32/MEM/2020 yang terbit pada bulan April 2020 lalu tentang Formula Perhitungan Harga Kompensasi Data Informasi (KDI) WIUP dan WIUPK. Dengan adanya beleid tersebut membuat pemerintah harus kembali menyesuaikan lagi harga KDI WIUP dan WIUPK yang sudah ditetapkan Menteri sebelum ditawarkan atau dilelang.

Lebih lanjut, Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Yunus Saefulhak mengatakan bahwa pemerintah tengah menyiapkan tiga Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) sebagai regulasi turunan dari UU Minerba yang baru. Dimana tiga RPP tersebut terkait dengan pengelolaan pertambangan minerba, wilayah pertambangan, serta pembinaan dan pengawasan.

 

Penulis : Lia Ade Putri

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !