Detail Berita


Harga Nikel Tumbang, Antam Kena Imbas Negatif


"Ilustrasi uang koin"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 04-06-2020

duniatambang.co.id – Berdasarkan penilaian dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) peringkat PT Aneka Tambang (ANTM) dari “stabil menjadi negatif”.

Pandemi covid-19 memberikan sentimen negatif terhadap harga nikel. Semenjak dari teridentifikasi adanya penyebaran covid-19 pada awal Desember 2019, harga nikel global turun 12% dari USD 13.723 per ton menjadi USD 12.128 per ton pada 27 Mei 2020.

Sejumlah Negara yang menerapkan lockdown (karantina wilayah) mempengaruhi penjualan ekspor emas Antam yang menurun. Antam pun mengambil langkah untuk meningkatkan penjualan emas dalam negeri. Sementara itu, permintaan emas lokal melemah karena melambungnya harga emas.

Pefindo menilai, meskipun Antam telah mengambil beberapa langkah antisipasi covid, kinerja Antam masih terganggu akibat pandemi covid yang berkepanjangan. Covid akan mempengaruhi kinerja Antam dalam jangka waktu dekat hingga menengah.

Antam merupakan perusahaan yang memiliki sumber daya dan cadangan yang cukup besar. Antam pun banyak memiliki anak usaha diversifikasi sehingga menjadi penopang bisnis Antam di tengah pandemic covid-19.

Pandemi covid ini tak hanya menghantam Antam, tetapi juga perusahaan-perusahaan nikel lainnya di Indonesia.

Covid-19 yang berkepanjangan akan mempengaruhi peringkat Antam.  Peringkat perusahaan yang turun dapat menunda pemulihan ekonomi global dan berdampak negatif terhadap harga komoditas sehingga akan berpengaruh terhadap operasi bisnis dan profil keuangan Antam.

Kunto Hendraprowoko, Sekretaris Perusahaan Antam, dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, perseroan terus mengevaluasi setiap peluang yang ada untuk meningkat kinerja perusahaan.

Antam saat ini tengah menyelesaikan konstruksi proyek pembangunan pabrik feronikel di Halmahera Timur dan terus melakukan pengembangan hilirisasi mineral.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor    : Umar RP

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !