Detail Berita


Potensi Kelas Dunia Sumber Daya Mineral di NTB yang Terabaikan


"Nusa Tenggara Barat"
Sumber gambar: ntbprov.go.id


Tanggal terbit: 03-06-2020

duniatambang.co.id – Potensi mineral di kawasan Nusa Tenggara Barat sempat menjadi perhatian beberapa waktu lalu. PT Sumbawa Timur Mining mengumumkan jika pihaknya telah menemukan potensi mineral dengan kelas dunia yang diklaim bisa mengantarkan perusahaan menjadi tambang terkemuka di Indonesia. Potensi tersebut berada di proyek Hu’u yang berlokasi di wilayah Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

PT Sumbawa Timur Mining merupakan perusahaan joint venture Eastern Star Resources Pty Ltd dengan PT Antam Tbk. Kegiatan eksplorasi di wilayah itu mulai dilakukan perusahaan pada tahun 2010 silam, dan mulai menemukan adanya potensi sumber daya alam Onto pada tahun 2013. Sejak saat itu, kegiatan eksplorasi pun dilakukan secara besar-besaran untuk mengetahui ukuran, luas dan karakteristik yang dimiliki.

Dari kegiatan eksplorasi yang dilakukan itu, diketahui total sumber daya tertunjuk jumlahnya mencapai 0,76 miliar ton. Di mana jumlah tersebut terdiri dari 0,93 persen berupa tembaga dan kandungan emasnya sebanyak 0,56 g/t. Lalu untuk sumber daya tereka jumlahnya mencapai 0,96 miliar ton dengan tembaga sebesar 0,87 persen dan emas sebesar 0,44 g/t.

Sebenarnya, besarnya potensi mineral tambang yang ada di wilayah Nusa Tenggara Barat sudah diketahui sejak lama. Namun minimnya eksplorasi serta berbagai kendala lainnya, membuat potensi yang ada menjadi sedikit terabaikan. Justru potensi itu malah dikuasai oleh sejumlah penambangan liar, yang jumlahnya pun tidak sedikit.

Sudah menjadi rahasia umum jika penambangan liar yang ada di Nusa Tenggara Barat begitu meresahkan. Sejumlah kecelakaan kerja pun sering terjadi. Namun karena gurihnya hasil yang didapat, membuat aktivitas penambangan liar justru semakin marak.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !