Detail Berita


Mega Proyek Gasifikasi Batubara Bakrie Bakal Serap 5000 Tenaga Kerja


"Bakrie Tower"
Sumber gambar: transaksiproperti.com


Tanggal terbit: 03-06-2020

duniatambang.co.id - Grup Bakrie berhasil melakukan kerjasama dalam proyek gasifikasi batubara dengan nilai investasi mencapai 2,5 miliar dolar Amerika atau setara Rp 36,62 triliun. Kerjasama itu dilakukan dengan perusahaan asal Amerika yakni, Air Products. Proyek yang akan mengubah batubara menjadi metanol itu dibangun di kawasan Batuta Industrial Chemical Park di Bengalon, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Pihaknya menyebut jika proyek itu bisa menyerap sekitar 5.000 tenaga kerja dalam kurun waktu 4 tahun ke depan.

Pihak PT Bakrie & Brothers Tbk menjelaskan jika proses pembangunan pabrik untuk proyek gasifikasi batubara itu akan dimulai kuartal pertama tahun 2021. Ditargetkan proyek tersebut bisa selesai pada kuartal ketiga tahun 2023 atau setidaknya 2 tahun. Sementara itu pihaknya juga menambahkan mengenai proses produksi bisa dimulai pada kuartal pertama tahun 2024.

Namun meski demikian, untuk penyerapan 5.000 tenaga kerja itu tidak dilakukan secara langsung. Nantinya akan dilakukan bertahap, mengikuti progres dari pembangunan proyek tersebut. Setidaknya, untuk tahap awal proyek itu diusahakan bisa menyerap setidaknya 1.000 tenaga kerja baru. Dan pada total 4 tahun berikutnya bisa memenuhi angka 5.000 tenaga kerja tersebut.

Dalam mega proyek gasifikasi batubara itu sendiri, pihak Bakrie Group menguasai 40 persen saham. Sementara 60 persen saham lainnya akan dipegang oleh Air Products yang menjadi investor utama.

Pihak perusahaan juga menambahkan bahwa nantinya akan berfokus dalam penjualan hasil gasifikasi batubara itu untuk pasar domestik terlebih dahulu. Hasil gasifikasi berupa metanol, selama ini dibutuhkan sebagai bahan bakar alternatif untuk mesin diesel dan dianggap bisa menjadi nilai tambah untuk batubara yang selama ini hanya menjadi sumber energi utama.

Air Products and Chemical sendiri merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang fokus dalam penjualan bahan kimia serta gas untuk kebutuhan industri. Selama ini Air Products dikenal sebagai perusahaan besar yang kerap menyasar pasar industri internasional.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor   : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !